Who's Next

25 Tahun, NTRL Masih Tetap Berjiwa Muda dan Menolak Tua!

Berawal dari 25 tahun yang lalu, NTRL atau yang dulu dikenal dengan Netral, mulai menebar pesona musiknya pada 16 Oktober 1992 di Diskotik Voila, Jakarta Selatan. Saat itu, mereka berhasil mencuri perhatian lewat lagu ‘Come As You Are’ dari Nirvana. Band berlatar musik rock alternatif ini terbentuk dengan formasi: Bagus sebagai bassist, Bimo sebagai drummer, dan Miten sebagai gitaris. Awal terbentuk, Netral membawakan musik yang menjadi ikonik anak muda pada saat itu.

Mulai dari panggung festival sekolah dan kampus di Jabodetabek, akhirnya kemampuan mereka semakin terasah dan lebih dewasa. Setelah itu, mereka memutuskan untuk mengeluarkan karya sendiri. Album perdana mereka yang bertajuk ‘Wa..lah’, album yang dirilis pada 1995 itu menuai kesuksesan dengan penjualan lebih dari 80 ribu kopi kaset dan CD. Tentunya, hal ini menjadi pencapaian yang baik untuk mereka.

Seiring berjalannya waktu, Bimo pun hengkang dari Netral pada Juli 1998. Jelang satu tahun kemudian, Netral mengajak Eno untuk bergabung pada Maret 1999. Netral juga sempat berjalan dengan dua personel saja, yaitu Bagus dan Eno, karena alm. Miten memutuskan untuk meneruskan pendidikannya di Amerika. Lalu, mereka menemukan Christopher Bollemeyer (Coki) pada 2003.

Dengan formasi tersebut, Bagus, Eno, dan Coki masih bertahan hingga saat ini. Pada 2015 lalu, Netral mengubah namanya menjadi NTRL. Di usianya yang ke-25 ini, NTRL masih tetap berjiwa muda dan tetap mengikuti perkembangan musik saat ini. Seperti ketika ditemui oleh Side.id di kawasan Kemang, mereka masih tetap terlihat muda.

Mereka selalu mengajak kita untuk tertawa bersama dengan gelak candanya. Saat berbincang bersama, mereka juga sempat menyinggung soal musik, para personel, dan juga perkembangan musik serta anak milenial saat ini. “Santai aja sih, yang penting kita tetap berkarya sampai sekarang. Kita juga mengikuti perkembangan dan minat anak milenial terhadap musik saat ini,” kata Eno.

Dengan perjalanannya selama 25 tahun, NTRL berhasil membuktikan bahwa mereka bisa tetap berkarya hingga saat ini. Band yang satu ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena mereka sudah menghasilkan ratusan lagu untuk para penggemarnya. Kalau kamu penasaran, yuk cek YouTube channel kita di officialside id dan jangan lupa di subscribe ya!

Soffi Amira Putri

soffi@side.id

Related Posts

Comments