SHARE
Home > News > Features > 4 Tren Digital Marketing 2023, Bisnis Jadi Makin Laris!
4 Tren Digital Marketing 2023, Bisnis Jadi Makin Laris!

4 Tren Digital Marketing 2023, Bisnis Jadi Makin Laris!

01 March 2023 17:21 WIB Tips Media Sosial Bisnis Features

Digital marketing merupakan kegiatan promosi suatu brand produk dan jasa melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau pelanggan agar lebih efisien dan efektif.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan digital marketing, di antaranya adalah SEO, SEM, social media marketing, content marketing, copywriting, dan influencer marketing.

Baca juga: IBM Ungkap Tren Teknologi untuk Bisnis 2023

CEO Boot Camp Digital, Krista Neher, membagikan prediksi tren digital marketing 2023 kepada Forbes. Berikut ini beberapa hal di dunia digital marketing yang dapat kamu persiapkan:

Tren Digital Marketing 2023 yang Efektif untuk Bisnis

1. Buat Konten Video Berdurasi Pendek
Konten video berdurasi pendek menjadi alternatif untuk menyukseskan bisnis
Konten video berdurasi pendek menjadi alternatif untuk menyukseskan bisnis. Foto: Unsplash/Eaters Collective

Saat ini, aplikasi media sosial melahirkan berbagai konten menarik, seperti TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts. Seluruh aplikasi tersebut bisa menjadi alternatif untuk meraih kesuksesan bisnis.

Hal itu dikarenakan biasanya pengguna media sosial enggan berlama-lama menghabiskan waktu untuk mencari apa yang diinginkan. Singkat, padat, dan jelas menjadi hal yang tepat untuk menggambarkan kebutuhan promosi saat ini. Jadi, konten dengan format video singkat masuk ke dalam daftar tren digital marketing 2023 yang layak dicoba.

2. Metaverse
Metaverse menjadi wadah untuk berinteraksi dengan konsumen
Metaverse menjadi wadah untuk berinteraksi dengan konsumen. Foto: Meta

Kini, banyak perusahaan raksasa dunia yang telah menerapkan Metaverse dalam proses penjualan produknya, seperti Nike dan Starbucks.

Metaverse sendiri menggambarkan pengalaman virtual dalam sebuah representasi avatar. Avatar tersebut nantinya akan mewakili sosok individu atau manusia untuk berinteraksi sosial dalam dunia daring.

Baca juga: 5 Tren Social Media Marketing 2023, Siapkan dari Sekarang!

3. Customer Experience
Algoritma TikTok menjadi kunci untuk menampilkan konten
Algoritma TikTok menjadi kunci untuk menampilkan konten. Foto: Unsplash/Solen Feyissa

Umumnya, pengoptimalan mesin pencari (SEO) lebih sering menampilkan konten atau artikel yang bermanfaat bagi audiens. Dengan berjalannya waktu, algoritma lebih fokus menampilkan pengalaman audiens.

Kamu bisa menemukan hal tersebut di TikTok. Nantinya, kamu akan menemukan FYP (For You Page) atau dalam Twitter yang di sebut For You.

4. Menggandeng Influencer atau Konten Kreator
Influencer atau konten kreator dapat menjangkau lebih banyak konsumen
Influencer atau konten kreator dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Foto: Unsplash/Jenny Ueberberg

Jika kamu bosan dengan iklan yang monoton, sekarang ini banyak pelaku digital marketing yang melakukan periklanan dengan menggaet influencer dan selebgram yang sesuai dengan target konsumennya.

Cara ini dinilai efektif, karena dapat memanfaatkan popularitas dari konten kreator. Dengan begitu, kamu bisa menambah peluang untuk menarik banyak konsumen.

Itulah beberapa tren digital marketing yang wajib kamu coba. Bahkan, trik tersebut juga berguna dan efektif untuk memajukan bisnis yang sedang digeluti. (FDS)

Baca juga: Cisco: Tren Bisnis dan Teknologi Teratas yang Dorong Perekonomian Indonesia di 2023

Soffi Amira P.
[email protected]

Side.id - Media Kawasan Alam Sutera, BSD dan Gading Serpong

Merupakan media untuk memberikan rekomendasi tempat yang berdasarkan lokasi, rating, dan kategori yang diinginkan. Sudah punya usaha bisnis dan ingin menyampaikan profil bisnis Anda kepada pembaca setia? Daftarkan sekarang! Gratis!
Home > Blog > Features > 4 Tren Digital Marketing 2023, Bisnis Jadi Makin Laris!

4 Tren Digital Marketing 2023, Bisnis Jadi Makin Laris!

01 March 2023 17:21 WIB
Tips Media Sosial Bisnis Features

Digital marketing merupakan kegiatan promosi suatu brand produk dan jasa melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau pelanggan agar lebih efisien dan efektif.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan digital marketing, di antaranya adalah SEO, SEM, social media marketing, content marketing, copywriting, dan influencer marketing.

Baca juga: IBM Ungkap Tren Teknologi untuk Bisnis 2023

CEO Boot Camp Digital, Krista Neher, membagikan prediksi tren digital marketing 2023 kepada Forbes. Berikut ini beberapa hal di dunia digital marketing yang dapat kamu persiapkan:

Tren Digital Marketing 2023 yang Efektif untuk Bisnis

1. Buat Konten Video Berdurasi Pendek
Konten video berdurasi pendek menjadi alternatif untuk menyukseskan bisnis
Konten video berdurasi pendek menjadi alternatif untuk menyukseskan bisnis. Foto: Unsplash/Eaters Collective

Saat ini, aplikasi media sosial melahirkan berbagai konten menarik, seperti TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts. Seluruh aplikasi tersebut bisa menjadi alternatif untuk meraih kesuksesan bisnis.

Hal itu dikarenakan biasanya pengguna media sosial enggan berlama-lama menghabiskan waktu untuk mencari apa yang diinginkan. Singkat, padat, dan jelas menjadi hal yang tepat untuk menggambarkan kebutuhan promosi saat ini. Jadi, konten dengan format video singkat masuk ke dalam daftar tren digital marketing 2023 yang layak dicoba.

2. Metaverse
Metaverse menjadi wadah untuk berinteraksi dengan konsumen
Metaverse menjadi wadah untuk berinteraksi dengan konsumen. Foto: Meta

Kini, banyak perusahaan raksasa dunia yang telah menerapkan Metaverse dalam proses penjualan produknya, seperti Nike dan Starbucks.

Metaverse sendiri menggambarkan pengalaman virtual dalam sebuah representasi avatar. Avatar tersebut nantinya akan mewakili sosok individu atau manusia untuk berinteraksi sosial dalam dunia daring.

Baca juga: 5 Tren Social Media Marketing 2023, Siapkan dari Sekarang!

3. Customer Experience
Algoritma TikTok menjadi kunci untuk menampilkan konten
Algoritma TikTok menjadi kunci untuk menampilkan konten. Foto: Unsplash/Solen Feyissa

Umumnya, pengoptimalan mesin pencari (SEO) lebih sering menampilkan konten atau artikel yang bermanfaat bagi audiens. Dengan berjalannya waktu, algoritma lebih fokus menampilkan pengalaman audiens.

Kamu bisa menemukan hal tersebut di TikTok. Nantinya, kamu akan menemukan FYP (For You Page) atau dalam Twitter yang di sebut For You.

4. Menggandeng Influencer atau Konten Kreator
Influencer atau konten kreator dapat menjangkau lebih banyak konsumen
Influencer atau konten kreator dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Foto: Unsplash/Jenny Ueberberg

Jika kamu bosan dengan iklan yang monoton, sekarang ini banyak pelaku digital marketing yang melakukan periklanan dengan menggaet influencer dan selebgram yang sesuai dengan target konsumennya.

Cara ini dinilai efektif, karena dapat memanfaatkan popularitas dari konten kreator. Dengan begitu, kamu bisa menambah peluang untuk menarik banyak konsumen.

Itulah beberapa tren digital marketing yang wajib kamu coba. Bahkan, trik tersebut juga berguna dan efektif untuk memajukan bisnis yang sedang digeluti. (FDS)

Baca juga: Cisco: Tren Bisnis dan Teknologi Teratas yang Dorong Perekonomian Indonesia di 2023

Soffi Amira P.
[email protected]
Baru Dibuka

Lumiere Kitchen & Wardrobe

Jl. Kp. Dongkol, Tangerang, Banten, 15320

Buka pukul 10:00 - 18:00 Tutup

Side.id - Media Kawasan Alam Sutera, BSD dan Gading Serpong

Merupakan media untuk memberikan rekomendasi tempat yang berdasarkan lokasi, rating, dan kategori yang diinginkan. Sudah punya usaha bisnis dan ingin menyampaikan profil bisnis Anda kepada pembaca setia? Daftarkan sekarang! Gratis!