SHARE
Home > News > Features > Instagram Rilis Fitur Tag Produk untuk Penggunanya
Instagram Rilis Fitur Tag Produk untuk Penggunanya

Instagram Rilis Fitur Tag Produk untuk Penggunanya

25 March 2022 16:21 WIB Instagram Teknologi Merahputih

Belum lama ini, Instagram merilis fitur yang memungkinkan pengguna lebih bebas dalam berbisnis. Fitur baru tersebut dapat menandai setiap produk yang diunggah oleh pengguna. Hadirnya fitur tersebut juga membuat pengguna tak perlu lagi mengubah jenis akun menjadi akun bisnis maupun kreator instagram.

Mengutip dari Merahputih.com, fitur tersebut telah resmi dirilis Instagram mulai 22 Maret 2022 meski baru hanya untuk pengguna di Amerika Serikat saja. Aplikasi media sosial tersebut merilis fitur tandai produk sejak 2016 lalu sebagai pijakan awalnya untuk menjadikan Instagram sebagai wadah e-commerce.

Baca juga:

Mark Zuckerberg akan Bawa NFT ke Instagram dalam Waktu Dekat

Kemudian fitur tersebut terus dikembangkan dan membuat pengguna bisa menandai produk melalui unggahan video, stories, hingga yang terkini Reels. Seiring perkembangan, Instagram bahkan telah membuat fitur check-out, sehingga pengguna bisa langsung memesan dan membayar melalui Instagram seperti di aplikasi e-commerce pada umumnya.

Fitur tandai produk bisa digunakan seluruh pengguna.
Fitur tandai produk bisa digunakan seluruh pengguna. (Foto: Instagram)

Agar dapat menandai produk, pengguna harus mengunggah suatu konten lalu tandai produk sesuai mereknya seperti saat menandai orang lain. Kemudian pengguna akan menemukan fitur 'Tag Products' dan tandai pada produk di foto atau video yang ingin diunggah.

Pengguna lainnya akan dapat melihat produk yang kamu tandai dan mengkliknya untuk sekadar melihat atau langsung membeli. Maka nantinya kamu bisa melihat langsung produk yang teman kamu pakai dan langsung membelinya hanya melalui Instagram.

Melalui The Verge, perwakilan Meta mengatakan bahwa pengguna atau kreator tidak akan mendapatkan imbalan apapun atas setiap penjualan yang dilakukan. Namun, saat ini Instagram tengah melakukan pengujian dengan kreator terpilih untuk menyediakan opsi pemberian komisi melalui penjualan produk yang ditandai.

Baca juga:

Dumbphone Kembali Naik Daun, Ini Alasannya

Fitur tandai produk di Instagram.
Fitur tandai produk di Instagram. (Foto: Instagram)

Saat ini, Instagram telah memiliki jumlah yang impresif terhadap pengguna yang menggunakan fitur tandai produk melalui unggahan mereka, yaitu sebanyak 1,6 juta pengguna menandai setidaknya satu produk setiap pekan. Alhasil, pengembangan fitur tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengguna Instagram.

Bahkan dengan dikembangkannya fitur tersebut Instagram membuat aplikasinya menjadi wadah yang baik bagi pengguna untuk membuka pasar baru dari produk yang ingin mereka tawarkan ke teman, keluarga, dan pengikutnya di Instagram.

Instagram menyebutkan, nantinya pemilik bisnis dan merek akan mendapatkan notifikasi setiap kali produk mereka ditandai oleh pengguna. Merek-merek tersebut juga dapat memilih untuk menyalakan atau mematikan fitur tandai produk oleh pengguna. (PAB)

Baca juga:

Hindari Hal Ini saat Gunakan Fitur 'Add Yours' di Instagram

Soffi Amira P.
[email protected]

Side.id - Media Kawasan Alam Sutera, BSD dan Gading Serpong

Merupakan media untuk memberikan rekomendasi tempat yang berdasarkan lokasi, rating, dan kategori yang diinginkan. Sudah punya usaha bisnis dan ingin menyampaikan profil bisnis Anda kepada pembaca setia? Daftarkan sekarang! Gratis!
Home > Blog > Features > Instagram Rilis Fitur Tag Produk untuk Penggunanya

Instagram Rilis Fitur Tag Produk untuk Penggunanya

25 March 2022 16:21 WIB
Instagram Teknologi Merahputih

Belum lama ini, Instagram merilis fitur yang memungkinkan pengguna lebih bebas dalam berbisnis. Fitur baru tersebut dapat menandai setiap produk yang diunggah oleh pengguna. Hadirnya fitur tersebut juga membuat pengguna tak perlu lagi mengubah jenis akun menjadi akun bisnis maupun kreator instagram.

Mengutip dari Merahputih.com, fitur tersebut telah resmi dirilis Instagram mulai 22 Maret 2022 meski baru hanya untuk pengguna di Amerika Serikat saja. Aplikasi media sosial tersebut merilis fitur tandai produk sejak 2016 lalu sebagai pijakan awalnya untuk menjadikan Instagram sebagai wadah e-commerce.

Baca juga:

Mark Zuckerberg akan Bawa NFT ke Instagram dalam Waktu Dekat

Kemudian fitur tersebut terus dikembangkan dan membuat pengguna bisa menandai produk melalui unggahan video, stories, hingga yang terkini Reels. Seiring perkembangan, Instagram bahkan telah membuat fitur check-out, sehingga pengguna bisa langsung memesan dan membayar melalui Instagram seperti di aplikasi e-commerce pada umumnya.

Fitur tandai produk bisa digunakan seluruh pengguna.
Fitur tandai produk bisa digunakan seluruh pengguna. (Foto: Instagram)

Agar dapat menandai produk, pengguna harus mengunggah suatu konten lalu tandai produk sesuai mereknya seperti saat menandai orang lain. Kemudian pengguna akan menemukan fitur 'Tag Products' dan tandai pada produk di foto atau video yang ingin diunggah.

Pengguna lainnya akan dapat melihat produk yang kamu tandai dan mengkliknya untuk sekadar melihat atau langsung membeli. Maka nantinya kamu bisa melihat langsung produk yang teman kamu pakai dan langsung membelinya hanya melalui Instagram.

Melalui The Verge, perwakilan Meta mengatakan bahwa pengguna atau kreator tidak akan mendapatkan imbalan apapun atas setiap penjualan yang dilakukan. Namun, saat ini Instagram tengah melakukan pengujian dengan kreator terpilih untuk menyediakan opsi pemberian komisi melalui penjualan produk yang ditandai.

Baca juga:

Dumbphone Kembali Naik Daun, Ini Alasannya

Fitur tandai produk di Instagram.
Fitur tandai produk di Instagram. (Foto: Instagram)

Saat ini, Instagram telah memiliki jumlah yang impresif terhadap pengguna yang menggunakan fitur tandai produk melalui unggahan mereka, yaitu sebanyak 1,6 juta pengguna menandai setidaknya satu produk setiap pekan. Alhasil, pengembangan fitur tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengguna Instagram.

Bahkan dengan dikembangkannya fitur tersebut Instagram membuat aplikasinya menjadi wadah yang baik bagi pengguna untuk membuka pasar baru dari produk yang ingin mereka tawarkan ke teman, keluarga, dan pengikutnya di Instagram.

Instagram menyebutkan, nantinya pemilik bisnis dan merek akan mendapatkan notifikasi setiap kali produk mereka ditandai oleh pengguna. Merek-merek tersebut juga dapat memilih untuk menyalakan atau mematikan fitur tandai produk oleh pengguna. (PAB)

Baca juga:

Hindari Hal Ini saat Gunakan Fitur 'Add Yours' di Instagram

Soffi Amira P.
[email protected]
Baru Dibuka

Glory Petshop - Alam Sutera

, Tangerang, Banten, 15143

Buka pukul 09:30 - 21:00 Tutup

Side.id - Media Kawasan Alam Sutera, BSD dan Gading Serpong

Merupakan media untuk memberikan rekomendasi tempat yang berdasarkan lokasi, rating, dan kategori yang diinginkan. Sudah punya usaha bisnis dan ingin menyampaikan profil bisnis Anda kepada pembaca setia? Daftarkan sekarang! Gratis!