F & B

Kuliner Unik Sumatera yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Festival Kuliner Serpong 2019

Festival Kuliner Serpong (FKS) merupakan event tahunan yang digelar oleh Summarecon Mall Serpong (SMS) sejak 2011. FKS selalu menghadirkan beragam kuliner nusantara. Tahun Ini, FKS 2019 mengangkat keindahan Pulau Sumatera yang bertajuk “Pesona Bumi Andalas”.

Selama satu bulan penuh, FKS 2019 menghadirkan sajian kuliner khas Sumatera, seperti Aceh, Padang, Medan, Palembang, hingga Lampung.

Festival kuliner yang satu ini didesain dengan sentuhan kebudayaan Pulau Sumatera. Meskipun FKS 2019 telah berakhir, Side.id telah merangkum beberapa kuliner unik khas Sumatera yang hanya bisa kamu jumpai di festival kuliner ini. Yuk, simak artikelnya di bawah ini :

Nasi Perang Medan

Jika Yogyakarta punya Sego atau Nasi Kucing, maka Kota Medan memiliki Nasi Perang. Namun, perbedaannya terletak pada lauk dan nasi yang disajikan.

Dalam FKS 2019, Nasi Perang Medan menyediakan beberapa lauk pilihan, di antaranya adalah Telor Cabe, Ikan Selad, Teri Medan, Teri Belimbing Sayur, Teri Jengki, Udang Cabe, Kerang Dara Cabe Ijo, Perang Cumi, dan Perang Jengkol.

Mie Celor Pondok Wong Palembang

Selain pempek dan tekwan, Palembang juga memiliki kuliner mie yang nggak kalah enak, yaitu Mie Celor. Tekstur mienya yang cukup tebal adalah ciri khas dari makanan ini.

Mie Celor disajikan dengan tauge, irisan telur rebus, daun seledri, potongan udang, dan bawang goreng. Kelezatan dari Mie Celor terdapat pada racikan udang dan kuah santannya, yang menghasilkan rasa gurih dan unik.

Bika Bukittinggi

All Photos By Dhika Side.id

Camilan asal Minangkabau ini terkenal dengan rasa gurih dan kaya akan rempahnya. Bika sendiri merupakan "Biskuit Koto baru Asli", bahan utamanya menggunakan tepung beras dan kelapa parut muda. Penyajiannya pun cukup unik, yaitu menggunakan daun pisang sebagai alas dan dibakar selama beberapa menit.

Festival Kuliner Serpong selalu menghadirkan kuliner Indonesia dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Tentunya, festival kuliner ini menjadi agenda yang wajib dikunjungi oleh para pemburu kuliner di Serpong.

Febrian Adi

febrianadi@side.id

Comments