News

Sinar Mas Land dan Microsoft Kembangkan Konsep "Smart City" di BSD

Sinar Mas Land dan Microsoft telah menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) untuk berkolaborasi dalam menjadikan BSD City sebagai integrated city pertama di Indonesia.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh teknologi digital, seperti cloud, Artificial Intelligence (AI), Internet of Thing (IoT), dan pengambilan keputusan berbasis data.

Sinar Mas Land sendiri memiliki visi untuk menciptakan kota masa depan dengan tempat tinggal yang cerdas, terhubung dengan kawasan Digital Hub, dan infrastruktur publik. Maka dari itu, Sinar Mas Land mengajak Microsoft untuk bekerja sama sebagai mitra.

Baca Juga: Jadi Primadona, Yuk Mengenal Beberapa Kota Mandiri yang Ada di Serpong!

Microsoft juga akan membuka kesempatan bagi para mitra untuk bekerja sama dengan Sinar Mas Land agar mengembangkan inovasi berdasarkan bidang keahliannya. Sinar Mas Land sendiri menyambut baik peluang dari Microsoft, sehingga kedua pihak dapat mengembangkan kota BSD agar mudah diakses dan menarik bagi masyarakat.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengatakan, BSD City merupakan proyek dengan pertumbuhan yang besar. Salah satunya adalah eksplorasi pengembangan masyarakat digital yang menjadi perhatian utama. Sinar Mas Land terinspirasi untuk menjadi pelopor dalam properti dan pengembangan.

Baca Juga: Cetak Talenta, Sinar Mas Land Bangun Ekosistem Digital di BSD City

"Sinar Mas Land sangat antusias untuk melakukan transformasi digital di BSD City yang merupakan township terbesar kami. Kerja sama ini akan memperkuat posisi Sinar Mas Land dan Microsoft pada skala yang lebih besar dan membuat Indonesia menjadi negara percontohan dalam smart city," ujar Michael dalam keterangan persnya, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, Presiden Direkrtur Microsoft Indonesia, Haris Izmee menyebutkan, Microsoft menyadari akan pentingnya ekonomi digital dan kerangka kerja digitalisasi di Indonesia untuk bersaing secara internasional. Pihaknya juga ingin menjadikan Sinar Mas Land untuk menciptakan proyek smart city terbesar di Indonesia. Kami sangat senang bisa membantu Sinar Mas Land untuk menjadi bagian dalam perjalanan digital mereka di BSD City.

"Kami telah bersama masyarakat Indonesia selama 25 tahun dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk pengembangan Artificial Intelligence (AI), cloud, dan masa depan inovasi industri yang dispruptif dengan para mitra, pengembang, dan perusahaan rintisan," jelasnya.

All Photos by Sinar Mas Land

Dengan adanya MoU ini, Microsoft akan menghadirkan keahlian global yang menciptakan smart and sustainable city di seluruh dunia, di antaranya adalah Kiruna, Denver, Taipei, Cascais, hingga Indonesia.

Baca Juga: Twelve Bottles, Tempat Minum Wine Paling Lengkap di BSD!

Selain smart city, Microsoft juga melakukan pekerjaan dan keselamatan publik di New Zealand, Netherlands, United Arab Emirates, dan South Africa.

Sebelumnya, Sinar Mas Land juga telah melakukan transformasi kota mandiri terbesarnya, yakni BSD City untuk menjadi smart city yang terintegrasi. Sinar Mas Land juga mengembangkan Digital Hub di BSD City.

Digital Hub merupakan area seluas 26 hektar yang didirikan untuk perusahaan rintisan, komunitas, lembaga pendidikan, dan perusahaan multinasional yang bergerak di industri digital dan teknologi. Digital Hub telah menjadi wadah bagi pengembangan inovasi bagi beberapa perusahaan global.

Baca Juga: Akses Jalan Tol Pengaruhi Tingginya Permintaan Hunian di BSD City

Melihat Revolusi Industri 4.0, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pentingnya kemajuan teknologi yang diimplementasikan pada industri untuk melayani masyarakat. Dengan konsep smart city, Presiden Jokowi telah mendorong penggunaan teknologi untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih efektif, transparan, dan andal.

Dengan adanya potensi pertumbuhan Indonesia di tingkat global, smart city juga menjadi pokok pembahasan selama KTT ASEAN 3.

Soffi Amira Putri

soffi@side.id

Comments