Who's Next

Sisitipsi Merilis Single "Bomat!", Sebuah Penguatan Dalam Berekspresi

Sisitipsi terbentuk sejak tahun 2014 lalu dan sudah mengeluarkan album pertamanya pada tahun 2016. Grup jazz asal Jakarta ini telah merilis single terbarunya yang berjudul "Bomat!" dan merupakan singkatan dari kata 'bodo amat'. Single ini menjadi bagian dari album kedua mereka, yaitu ML (Minta Lagi) yang bakal rilis bulan Juli 2018 nanti.

Sisitipsi sendiri terdiri dari Aditya Rahman (drum), Eka Wiji Astanto (kontrabass), Hendar Dikas Anggara (keyboard), Fauzan Lubis (vokal), Amoroso Romadian (trombon), dan Rian Rahman (gitar). Lirik dari single Bomat! ini diartikan sebagai cara pandang agar tidak peduli terhadap hal-hal negatif yang ada disekitar kita. Meskipun ada keterbatasan dan halangan, mereka mendorong siapapun untuk tetap berkarya.

Single ini terinspirasi dari keresahannya terhadap dunia pendidikan dan kejadian yang pernah ia alami sewaktu duduk dibangku sekolah. Menurut Fauzan, sistem pendidikan saat ini masih menilai siswanya dari nilai akademis dan bukan dari potensinya di suatu bidang.

"Gue dulu sekolah di SMA 4 tahun. Selama itu, gue udah nyumbang 38 piala di bidang musik dan mereka malah nggak melihat prestasi gue disitu. Mereka cuma ngeliat dari nilai matematika gue yang jelek, terus kenapa mereka nggak lihat piala-piala gue?" Kata Fauzan saat jumpa pers di Qubicle Center, Kebayoran, Jakarta Selatan, Senin (21/05/2018) kemarin.

Setelah acara berakhir, SIDE.id berkesempatan untuk mewawancara Sisitipsi dan buka-bukaan soal masing-masing personilnya. Mereka sedikit bercerita mengenai asal mula dari Sisitipsi yang namanya diambil dari "CCTV", karena natural, jujur, dan apa adanya. Sebenarnya, mereka sudah saling mengenal sejak tahun 2011 dan berawal dari manggung bareng di acara Ikatan Kesenian Jakarta (IKJ) hingga berlanjut sampai saat ini.

Ada yang menarik dalam wawancara ini, yaitu setiap posting-an Instagram dari Fauzan pasti selalu menggunakan hastag #crott. Kenapa? Karena, dia bilang kalau dia jarang mem-posting foto di Instagram dan sekalinya muncul pasti "crott". Duh, ada-ada saja ya! Selama ini, mereka tidak pernah bertemu dengan fans mereka yang aneh dan untungnya fans mereka masih dalam batas wajar. Hanya sekedar meminta video ucapan ulang tahun saja. Mereka ramah dan asyik banget lho, para fansnya pun juga dianggap teman oleh mereka dan dinamakan dengan "Teman Tipsi".

Soffi Amira Putri

soffi@side.id

Related Posts

Comments