News

Tahun Politik, Generasi Muda Tangerang Harus Cerdas Menelaah Informasi

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan Sosialisasi Bela Negara. Kegiatan ini diikuti oleh organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di Ruang Rapat Bola Sundul, Gedung Usaha Daerah, Puspemkab Tangerang.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Ahmad Hidayat mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Menurut Ahmad, tantangan generasi muda saat ini sangat besar. Di era digital sekarang ini, berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah.

Sehingga, nilai-nilai kebangsaan harus semakin ditingkatkan. “Berbagai ancaman dan rongrongan terhadap keruntuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia datang dengan berbagai cara, terlebih melalui internet. Sehingga, kita harus memperteguh nilai-nilai kebangsaan, memperdalam pemahaman ideologi negara, yaitu Pancasila sehingga tidak mudah dipengaruhu,” kata Ahmad dalam keterangan resminya.

Ancaman lain yang harus diwaspadai adalah radikalisme. Sasaran yang diincar oleh kelompok intoleran itu adalah generasi muda. Karena, remaja atau generasi muda masih dalam kondisi kejiwaan yang labil. Oleh karena itu, mereka mudah dipengaruhi oleh paham yang mengancam kedamaian hidup bermasyarakat dan bernegara.

“Radikalisme itu sangat berbahaya, karena bisa membuat mereka yang terpapar menjadi orang yang intoleran,” jelasnya. Masyarakat Tangerang, khususnya generasi muda harus bersikap rasional dan bijak di tahun politik ini. Suhu politik bakal diprediksi akan meningkat jelang Pemilu 2019.

Soffi Amira Putri

soffi@side.id

Related Posts

Comments